Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Inscription

* Required field.
Name *
Username *
Password *
Email *

Tantangan Dan Kriteria Calon Pendamping Jokowi Di Pilpres 2019

image

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbagai survei menunjukkan Presiden Joko Widodo masih menjadi kandidat terkuat Calon Presiden 2019.

Lalu siapa yang akan menjadi calon wakil presiden Jokowi di pilpres 2019?

Menurut Pengamat Politik dan Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Boni Hargens, sebelum kita berbicara wapres 2019, perlu membahas tantangan politik yang dihadapi pemerintah sejak 2014 sampai 2018 mendatang.

Boni menjelaskan sejak memerintah tahun 2014 sampai hari ini, tantangan terbesar pemerintahan Jokowi datang dari dua arah. Yakni, dari luar pemerintahan dan dari dalam pemerintahan.

Dari luar pemerintahan, Boni melihat ada dua tantangan besar yaitu oposisi politik di parlemen dan kelompok garis keras. Oposisi parlemen sempat mengancam terhambatnya pemerintahan pada akhir 2014 sampai awal 2015.

Setelah Golkar menjadi bagian dari pemerintah, keadaan menjadi lebih tenang.

Baca: Pertemuan DPP Golkar dan Forum DPD Digelar Tertutup

Stabilitas lebih terjamin setelah PDI Perjuangan dan partai pemerintah yang lain berhasil membangun “politik keseimbangan di parlemen” dan bahkan PAN akhirnya melunak terhadap pemerintah.

Tantangan lain dari luar parlemen adalah kelompok yang menjadi kekuatan politik yang serius sejak momentum Pilkada DKI Jakarta awal 2017 lalu.

Isu agama menjadi faktor determinan dalam politik belakangan setelah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berhasil dikalahkan dalam pilkada.

Read more http://www.tribunnews.com/nasional/2017/12/06/tantangan-dan-kriteria-calon-pendamping-jokowi-di-pilpres-2019


Help us tackle fake news.
Rate this article for better journalism.

Average Rating :

You are not logged in. Please login to continue

Article Quality:
I recommend:

Ratings

 SidebarRight
Suggestions to follow
Users
13086