Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Inscription

* Required field.
Name *
Username *
Password *
Email *

Penggunaan Keyboard Virtual Bocorkan Data Pengguna

imageimage
NEW YORK - Belum lama ini, Kromtech Security Center mengungkap setidaknya ada 31.293.959 data pribadi pengguna yang dibocorkan oleh aplikasi di Android. Hal ini terungkap setelah Aplikasi keyboard virtual bernama AI.type terbukti mengumpulkan data penggunanya.

Data yang bocor diantaranya nama ponsel, nomor IMEI, jaringan seluler yang digunakan, serta nama pemilik ponsel.

"Secara teoritis, cukup logis bahwa siapa pun yang telah mengunduh dan memasang keyboard virtual Ai.Type di ponsel mereka telah membuat semua data telepon mereka terbuka untuk online. Hal ini menimbulkan bahaya nyata bagi penjahat cyber yang dapat melakukan kecurangan atau penipuan dengan menggunakan rincian tersebut," ujar Bob Diachenko, kepala komunikasi Kromtech Security Center, dilansir dari PhoneArena, Rabu (6/12/2017).

Lebih parah lagi, aplikasi tersebut juga mengambil informasi dari profil media sosial termasuk tanggal lahir, alamat email, foto dan lainnya. Selain itu AI.type juga dapat mengetahui aplikasi apa saja yang dipasang di ponsel penggunanya.

Menurut laporan tersebut, selain 31,2 juta pengguna yang terkena dampak kebocoran, database lain ditemukan mengandung tambahan 753.456 pengguna.

Namun demikian AI.type menyangkal adanya kebocoran tersebut. Pihaknya mengatakan bahwa perhatian utamanya adalah privasi pengguna, dan teks yang ditulis dengan menggunakan keyboard telah dienkripsi.

(wbs)

Read more https://autotekno.sindonews.com/read/1263419/133/penggunaan-keyboard-virtual-bocorkan-data-pengguna-1512550507


Help us tackle fake news.
Rate this article for better journalism.

Average Rating :

You are not logged in. Please login to continue

Article Quality:
I recommend:

Ratings

 SidebarRight
Suggestions to follow
Users
13086